Jalan Rusak Walinagari Tutup Mata

oleh -1.097 views

Bukittinggi, sumbartoday.co.id
Jalan Provinsi yang menghubungkan kota Bukittinggi dengan Kabupaten Agam tepatnya Lambah Ngarai Sianok yang masuk dalam Kanagarian Sianok, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, mengalami kerusakan yang cukup menprihatinkan akibat tertimbun campuran tanah dan pasir yang hanyut terbawa air setiap hujan turun melanda daerah tersebut.

Menanggapi hal tersebut tampak sejumlah pemuda berinisiatif untuk membersihkan tumpukan material tanah dan pasir yang berserakan menimbun badan jalan sepanjang lebih kurang 200 meter dengan ketebalan mencapai 12 cm . Sebagai anak nagari kami sangat malu dan prihatin melihat jalan di kampung kami seperti ini, mengingat jalan ini sangat ramai di lalui oleh masyarakat dari arah kota Bukittinggi menuju ke Ibu Kota Kabupaten Agam tutur Romi (nama samaran / red).

Romi mengatakan timbunan tanah ini disebabkan oleh saluran irigasi air yang tersumbat, jadi saat hujan turun air akan meluap dan membawa material yang hanyut terbawa air ke badan jalan hingga mengendap seperti ini, kejadian ini sudah berlangsung hampir dua bulan dan sudah tidak terhitung pengguna jalan yang selip atau terjatuh dijalan ini. Romi menambahkan endapan tanah di badan jalan ini sudah diketahui oleh Walinagari Sianok Al Jufri. SM. Seakan menutup diri dan tidak mau tahu hingga saat ini tidak ada itikat baik Walinagari untuk memperbaikinya, hingga kamilah yang turun tangan mengeruk endapan pasir dan tanah di badan jalan ini tutur Romi sedikit geram.

Amir salah seorang pengguna jalan mengaku sangat senang dan berterimakasih kepada pemuda yang dengan sukarela membersihkan endapan tanah yang sangat membahayakan pengguna jalan, amir berharap setelah di bersihkan tidak ada lagi endapan yang muncul setelah hujan turun, hal ini tentunya harus mendapat dukungan dari pemerintah ucap Amir kepada sumbartoday.co.id

Dilain waktu sumbartoday.co.id mencoba menghubungi Jufri melalui telfon seluler namun tidak ada jawaban, hingga berita ini diturunkan Walinagari Sianok tidak bersedia mengangkat telfon dari sumbartoday.co.id

-Anasril-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *