Gandeng Forum UMKM Pasbar, SMK N 1 Pasaman Launching Produk Kreatif Pas Kon Tortilla

oleh -324 views

Pasaman Barat. Sumbartoday.co.id –Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pasaman , kabupaten Pasaman Barat , Sumatera Barat mengadakan launching produk “PAS KON” berupa makan ringan berbahan baku jagung dengan produk jenis “Tortilla chip” serta pembentukan kelas entrepreneur yang dilaksanakan di aula aula SMK N 1 Pasaman. Sabtu, 18/9/2020.

Selain lauching produk yang kan menjadi salah satu oleh-oleh kabupaten Pasaman Barat , SMK N 1 juga melaksanakan Workshop Penguatan pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan projects based learning bagi guru-guru dan Siswa,  dilanjutkan dengan pendatanganan kerja sama SMK Negeri 1 Pasaman dan Forum UMKM Pasaman Barat.

Kepala Sekolah SMK N 1 Pasaman Edi Supanri, S.Pd, M.Pd.T dalam kesempatan tersebut menyampaikan tujuan dari ini salah satunya mengembangkan produk kreatif dan mengembangkan pembelajaran berbasis kewirausahaan yang kedepannya diaharapkan siswa tamatna SMK N 1 Pasaman mampu menjadi wirausaha sukses.

“ ini Program pertama kita, dan SMK N 1 Pasaman akan memproduksi Paskon “Tortilla chip” makanan terbuat dari jagung ini asli Pasaman Barat, dan ini berkat kerjasama SMK N 1 Pasaman bersama Forum UMKM Pasaman Barat berinsiatif menciptakan inovasi produk kreatif,” Ujarnya.

Ia juga menjelaskan, kegiatan pembelajaran pengembangan produk kreatif dan kewirausahaan ini akan menjadi program berkelanjutan, artinya tahun depan kita akan melaksankan dan akan terus berkreasi dan berinovasi agar menghasilan peserta didik mampu berwirausaha setelah tamat dari SMK N 1 Pasaman.

“Ada empat jurusan di SMK N 1 Pasaman Barat yakni otomatisasi tata kelola perkantoran, perbankan, perhotelan dan tata boga,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Adib Alfikri, SE, M.M. mengatakan, sangat apresiasi atas  program keratif dan inovatif SMK N 1 Pasaman yang yang akan melahirkan sebuah yang khas dari kabupaten Pasaman Barat.

“ Saya berikan apresisi kepada SMK 1 Pasaman, inilah yang kita harapkan,  sesuai dengan moto SMK itu, SMK itu Bisa, artinya tamatan SMK itu memang dipersiapan untuk menjadi wirausaha Atau entrepreneur.

Ia Juga Berharap, agar program seperti ini benar-benar dikembangkan, tidak saja mengahasilkan produk, namun juga nantinya produk ini akan tersedia di sejumlah minimarket, gerai, swalayan dan menjadi oleh-oleh dan kebangaan pasaman barat, ini tantangan akan dihadapi kedepannya.

Sementara itu, Ketua Forum UMKM Pasaman Barat Ade Media Putra, S.Pd yang menjadi mitra kerja SMK N 1 Pasaman menyebutkan, sebentar lagi SMK N 1 Pasaman akan memiliki produk unggulan berupa Tortilla Chip berbahan baku jagung, dengan bran “PAS KON”

“Harapan kita, produk ini akan menjadi kebanggan kita semua dan menjadi salah satu produk unggulan dan produk oleh-oleh Kabupaten Pasaman Barat yang berbahan baku sangat melimpah di kabupaten kita,” ujar Ade.

(de)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *